Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pencemaran Air dalam Kehidupan Akuatik


Pencemaran Air dalam Kehidupan Akuatik

Berbagai macam makhluk yang hidup dalam air antara lain bermacam-macam ikan, buaya, penyu, katak, mikroorganisme, ganggang, tanaman air dan lumut. Kesemuanya termasuk dalam kehidupan akuatik. Apabila sumber air tempat kehidupan akuatik tercemar, maka siklus makanan dalam air terganggu dan ekosistem air/kehidupan akuatik akan terganggu pula. Misal organisme yang kecil/lemah seperti plankton banyak yang mati karena banyak keracunan bahan tercemar, ikan-ikan kecil pemakan plankton banyak yang mati karena kekurangan makanan, demikian pula ikan-ikan yang lebih besar pemakan ikan-ikan kecil bila kekurangan makanan akan mati.

Kehidupan akuatik dapat pula terganggu karena:
  • Perairan kekurangan kadar oksigen atau sinar matahari yang disebabkan air menjadi keruh oleh pencemaran tanah/lumpur.
  • Permukaan perairan tertutup oleh lapisan bahan pencemar minyak atau busa deterjen, sehingga sinar matahari dan oksigen yang diperlukan untuk kehidupan akuatik tidak dapat menembus permukaan air masuk ke dalam air.
  • Berkurang/habisnya kadar oksigen dalam proses pengairan bahan pencemar senyawa organik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Avizena Ridwan mengatakan...

menurut anda upaya apa yang harus di lakukan untuk mencegah dan menanggulangi pencemaran air itu sendiri ?
thankyau ^_^

zhy's blog mengatakan...

cara untuk menanggulangi pencemaran air bisa dilakukan dengan mengurangi membuang sampah di sungai, got, atapun dilaut.

Zahrotul Ainiyah mengatakan...

benar sekali apa yang dikatakan saudara zhy, kesadaran dari diri sendiri merupakan hal yang paling penting untuk menanggulangi pencemaran air, selain itu perlu tindakan tegas dari pemerintah untuk memberikan sanksi kepada pihak yang terkait, terutama aktivitas pabrik yang membuang limbahnya secara sembarangan ke perairan. Selain itu, Perlu dilakukan pengujian adanya kandungan logam berat secara berkala oleh pemilik pabrik pada beberapa perairan yang telah dialiri limbah dari pabrik tersebut.

Posting Komentar